Saturday, October 8, 2011

Aduhai Hati (II)

Perbandingan antara hati dengan pendengaran dan penglihatan
1.  Nabi s.a.w. bersabda dalam hadits ibnu Mas’ud:
“Ketahuilah, sesungguhnya di dalam hati ada segumpal daging yang kalau dia baik maka akan baik pula seluruh anggota tubuh, dan kalau dia rusak maka akan rusak pula seluruh anggota tubuh, ketahuilah di adalah hati.” (Muttafaqun alaih)

2. Mata, telinga dan hati adalah tiga anggota tubuh paling penting, paling mulia dan paling sempurna pada manusia karena dengan penglihatan mata, pendengaran telinga dan penglihatan hati semua ilmu sampai dan  berpindah.


 “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (QS. Al-Isra`: 36)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiah menyatakan dalam Al-Majmu’ Al-Fatawa (9/310) yang kesimpulannya sebagai berikut: “Penglihatan adalah yang terendah di antara ketiganya karena dia hanya mengetahui sesuatu yang terlihat pada saat itu, berbeda halnya dengan pendengaran dan hati karena kedua mampu mengetahui sesuatu yang tidak terlihat, baik yang terjadi di zaman dahulu maupun di zaman yang akan datang. Kemudian pendengaran dan hati berbeda dari sisi: Hati itu sendiri mampu memahami sesuatu sementara pendengaran hanya berfungsi sebagai pengantar ucapan (yang berisi ilmu) kepada hati.”

No comments:

Post a Comment